c

rss

Menjalankan Windows di atas Ubuntu dengan Sun xVM Virtual BOX


         
      Buat para rekan pengguna LINUX, terutama mereka yang pengin migrasi dari windows ke LINUX tetapi masih memerlukan windows Untuk mengerjakan beberapa tugas yang memng sulit untuk dikerjakan di LINUX. Tak perlu khawatir, kini ada software virtualisasi yang bebas untuk diunduh dan di install serta memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Namanya Sun xVM Virtual Box produksi Sun Microsystem.





Mungkin ini adalah satu lagi alasan kenapa kita tidak perlu ragu atau sungkan bahkan malu untuk bermigrasi dari Windows ke LINUX. Karena ada sebuah software yang bisa membantu kita untuk tetap menjalankan desktop Windows diatas desktop LINUX kita. Software ini adalah Sun xVM ( Sun x Virtual Machine ). Dari hasil yang telah saya coba ternyata software ini mampu menjalankan Windows di atas LINUX dengan kecepatan yang sama dengan jika kita menginstall langsung Windows di atas PC kita. Sekarang silakan anda analisis sendiri :
Spek PC saya :
Motherboard Gigabyte Onboard Nvidia GForce 6100/ nForce 403
Hardisk 160 GByte 7200 rpm Seagate
RAM 1 GByte 800, Dual Channel Kingston
Processor AMD Athlon X2 4000+ Brisbane, 2.1 GHz
Graphic NVidia GForce 7300 128 Bit 384 MByte DDR2
Resolusi 1280 x 1024
Di atas spec ini aku jalankan OS Ubuntu 8.04 LTS

Virtual Machine
Virtual Hardisk 3 Gbyte ( fixed )
Virtual RAM 256 Mbyte
Resolusi 1024 x 768
Memori Grafis Virtual 64 Mbyte
Diatas Virtual machine ini aku Jalanakan OS Windows XP SP 2
Aplikasi Tambahan Corel Draw X3, Visual Basic 6
Hasilnya sungguh luar biasa, Waktu booting XP Virtual ku ternyata lebih cepat dibandingkan waktu booting XP Native yang juga aku install pada PC ku. Driver grafis yang disediakan oleh virtual machine ini juga cukup lumayan. Aku bahkan bisa menggambar dengan menggunakan software Corel andalanku.
Hardware PC ku nanmpaknya juga nggak terlalu sempoyongan untuk menjalankan software ini. Beban RAM total ketika aku menjalankan Software ini, dan dalam sistem virtual aku juga menggnakan Corel untuk menggambar, kira kira sebesar 1 G. Beban processor juga tidak terlalu besar.
Software ini sangat mirip dengan Software VMware yang merupakan software virtualisasi yang sudah cukup terkenal. Tetapi VMware ini tidaklah gratis untuk dinikmati setiap orang, alias berbayar. Sedangakan Software Sun xVM ini adalah gratis alias free, siapa saja boleh menikmati software ini. Yang lebih aku suka adalah ukuran installer software ini relatif kecil, yaitu sekitar 32 Mbyte. Pas Untuk ditaroh flashdisk.
Kalo rekan pembaca berminat silakan bisa buka link dibawah ini ...
http://www.sun.com/software/products/virtualbox/get.jsp
Software ini tersedia untuk diinstall di beberapa OS terkenal antara lain
Windows, Ubuntu, Fedora, Redhat, Mac dll.

0 komentar:


Posting Komentar

 
Widget By: Hasdin Nur Huda